PELATIHAN KARYA TULIS

PELATIHAN KARYA TULIS 400w

Pembuatan karya tulis dalam bidang akademik sangat diperlukan, apakah itu berupa Makalah, Skripsi, Tesis ataupun Disertasi. Pedoman untuk penulisan biasanya telah tersedia di perpustakaan. Namun karena kesibukan yang ada tidak jarang terlupakan oleh mahasiswa. Untuk mengingatkan kembali ataupun pemantapannya sering kali dilakukan pembelajaran ulang yang biasanya disebut sebagai Pelatihan.

Sejalan dengan pembelajaran ulang di atas, Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat (FaHutan UnLaM) menyelenggarakan Pelatihan Karya Tulis dengan narasumber Ir. Abdul Aziz karim, MP, bertempat di Ruang Sidang FaHutan UnLaM pada tanggal 19-20 Desember 2012 dengan peserta 40 orang mahasiswa.

Materi yang disajikan mengarah kepada penulisan Skripsi dan pembuatan Jurnal. Untuk memenuhi maksud tersebut materi yang disajikan terdiri dari Penjelasan tiap item/bab atau sub-bab dan Cara Penulisannya untuk penyelesaian Strata 1.

Format secara keseluruhan materi adalah sbb :
JUDUL
Lembar Pengesahan
PERNYATAAN
ABSTRAK
RINGKASAN
RIWAYAT HIDUP
KATA PENGANTAR
DAFTAR : ISI. TABEL, GAMBAR
DAFTAR LAMPIRAN : Tabel, Gambar
PENDAHULUAN (Latar Belakang, Tujuan & Manfaat)
ISI (uraian pustaka sbg bahan rujukan, metodologi, hasil penelitian, pembahasan dari hasil yang diperoleh)
KESIMPULAN dan SARAN (kesimpulan dari hasil penelitian dan rekomendasi)
DAFTAR PUSTAKA / BAHAN BACAAN / BAHAN RUJUKAN / REFERNSI
LAMPIRAN-LAMPIRAN

Terkait dengan penjelasan tiap item di atas, tekanan utama pada Judul, Pendahuluan, Isi dan Kesimpulan & Saran. Jika keempat item ini dirangkum menjadi satu kesatuan maka timbul suatu Permasalahan. Permasalahan ini yang menjadi kunci utama untuk memulai suatu penelitian. Atau dengan kata lain kunci utama untuk menentukan apa yang akan diteliti, lebih dahulu timbulkan “permasalahan”. Berdasarkan permasalahan ini akan melahirkan bagaimana “judul tulisan, apa saja yang perlu disajikan pada latar belakang dan tujuan & manfaat, bahan-bahan rujukan yang diperlukan, metode pengamatan yang sesuai, cara-cara pengambilan data dan analisis/uji-uji yang akan digunakan”. Adapun kesimpulan dan saran merupakan tujuan akhir tulisan yang telah tersirat sebelumnya dalam “tujuan dan manfaat” pada bab pendahuluan.

permasalahan 300W

Jadi jika kita akan mengadakan suatu penelitian, kunci utama adalah permasalahan. Tidak sebaliknya yang segelincir mahasiswa mendahulukan “judul”. Tidak juga merupakan “suatu kesalahan besar”, jika lebih dulu menentukan judul. Tetapi secara tidak langsung pada hakikatnya ada keterikatan dalam upaya-upaya selanjutnya; dan ini tidak jarang memusingkan otak. Ini tentu berbeda dengan penelitian-penelitian yang dilakukan suatu instansi yang biasanya berupa proyek.

Waktu untuk tanya jawab (diskusi) juga disediakan, baik saat berakhir penjelsan tiap item  maupun pada akhir penyampaian materi secara keseluruhan (+/- 2 jam).

DSC_0001 W250 DSC_0077 W250

Alhamdulillah semuanya berjalan lancar.
Terima kasih Fakultas Kehutanan UnLaM, juga Panitia Penyelenggara yang telah mempercayakan kepada kami.
Semoga bermanfaat.

Tentang a2karim99

Member MNI (mantan pengajar Fakultas Kehutanan UnLaM, Kalimantan Selatan, Indonesia sejak 1 Juli 2011)
Pos ini dipublikasikan di Karya Tulis, Pelatihan, Permasalahan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s