Ukuran Luas Daun

Pertumbuhan suatu tanaman atau tumbuhan dapat ditinjau dari perkembangan diameter batang, tinggi tanaman, daun maupun top ratio. Daun sendiri bisa ditinjau dari pertumbuhan jumlah daun dan luas permukaan daun. Disini khusus mengemukakan pengukuran luas daun yang pernah digeluti.

Daun suatu tanaman atau tumbuhan berbagai macam bentuknya. Bentuk-bentuknya antara lain berupa segiempat panjang, bujursangkar, lingkaran, lonjong atau pita, bahkan ada yang tidak beraturan atau tidak jelas bentuk yang ditinjau dari ilmu ukur datar.

Sebelum melakukan pengukuran luas daun diperlukan persiapan berupa peralatan guna pengukuran dan pola pikir dalam menentukan bentuk daun itu sendiri. Bagaimana pola pikir dalam menentukan bentuk daun tergantung penglihatan kasat mata seseorang saat memandang daun yang akan diukur. Ini tentu semua didasarkan pada pengetahuan sebelumnya yang berkaitan ilmu ukur datar atau pengalaman-pengalaman penglihatan sebelumnya saat melihat suatu benda yang mengarah ke bentuk dua dimensi. Bisa saja mengarah ke bentuk tiga dimensi, namun konversi tetap ke dua dimensi. Misalkan saja sekilas melihat bentuk daun itu seperti bola. Setelah diamati ternyata lebih-kurang berupa lingkaran atau bundar atau mungkin juga agak lonjong.

Saat mengamati bentuk daun yang penting adalah pola dasar bentuk daun itu sendiri. Jika pola dasarnya telah ditemukan, maka bagaimana pun bentuk daun itu tidak jadi masalah. Misal menghadapi bentuk daun pepaya; pola dasarnya bisa lingkaran atau bujursangkar. Tergantung penglihatan kita, penglihatan anda.

Perlu kami garis-bawahi bahwa daun yang akan diukur luasnya tidak hanya cukup satu daun saja, tapi lebih banyak lebih baik. Msal 10 daun atau lebih.  Karena semakin banyak jumlahnya akan memperkecil simpangan (kesalahan). Hasi-hasil ukuran tersebut akan digunakan sebagai  angka koreksi untuk menyelaraskan dengan luasan bentuk aslinya berdasarkan rumusan bentuk pola dasar yang kita peroleh. Sebagai contoh kami kemukakan pengalaman saat mengukur daun ulin (Eusideroxylon zwagerii); silahkan simak “Penentuan Luas Daun

Tentang a2karim99

Member MNI (mantan pengajar Fakultas Kehutanan UnLaM, Kalimantan Selatan, Indonesia sejak 1 Juli 2011)
Pos ini dipublikasikan di Daun, Luas, Ukuran. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s