Kombinasi & Interaksi

Percobaan-percobaan yang menggunakan 2 perlakuan atau lebih, biasanya pola percobaannya adalah disebut sebagai pola percobaan faktorial. Maksudnya 2 perlakuan atau lebih yang dibuat tersebut saling berkombinasi dan juga berinteraksi. Katakan saja suatu percobaan diberi 2 perlakuan yaitu perlakuan A terdiri 2 taraf (tingkat) dan perlakuan B terdiri dari 3 taraf (tingkat). Pertanyaan yang timbul adalah apakah perlakuan A dan perlakuan B yang diberikan terjadi interaksi?

Secara sederhana dapat dijelaskan sebagai berikut :

1. Pengkombinasian mustahil.
Perlakuan A adalah minyak-tanah dengan 2 ukuran yaitu a1 dan a2. Perlakuan B adalah air dengan 3 ukuran yaitu b1, b2 dab b3. Kedua perlakuan A dan B dicampurkan/dikombinasikan. Untuk mudah melihatnya dilakukan pada tempat yang tembus pandang, misalnya gelas-kaca. Hasil pencampurannya diperoleh (2 x 3) = 6 campuran/kombinasi, yaitu a1b1, a1b2, a1b3, a2b1, a2b2, a2b3 (diperlukan 6 buah gelas). Benarkah pengertiannya demikian?. Secara teori kedua dapat dikombinasikan (a1b1, …….. , a2b3), tapi apakah dalam kenyataannya hasil kombinasi bercampur?. Bercampur dimaksud adalah misal a1b1; hasilnya tidak dapat lagi dibedakan mana a1 dan mana b1. Jika jawabannya adalah YA berarti minyak tanah dan air dapat bercampur. Kenyataannya? Minyak tanah (perlakuan A) dan air (perlakuan B) tidak dapat bercampur menjadi satu. Masih terlihat pemisahan antara minyak tanah dan air. Ini berarti hasil percampuran (kombinasi) tersebut tidak berinteraksi. Jadi pengkombinasiann minyak-tanah dan air adalah pengkombinasian yang mustahil.

Contoh (a): Dua perusahaan (A dan B) menghasilkan produk tertentu yang sama dan juga memiliki kesamaan ukuran, misal papan, kayu lapis, balokan. Notasi ketiga sortimen ini adalah a1, a2 dan a3 untuk perusahaan A dan untuk perusahaan B sebagai b1, b2 dan b3. Disini perusahaan dinyatakan sebagai perlakuan. Jika demikian berarti hasil kombinasinya adalah (A x B) = a1b1, a1b2, a1b3, a2b1, a2b2, a2b3, a3b1, a3b2 dan a3b3.
Pertanyaan yang timbulkan apakah dibenarkan perusahaan A dapat dikombinasikan dengan perusahaan B, sehingga menghasilkan 9 kombinasi taraf perlakuan.
Coba perhatikan kombinasi a2b3 misalnya; contoh (sample) kayu-lapis perusahaan A (a2) dikombinasikan dengan contoh balokan perusahaan B (b3). Contoh lainnya misal kombinasi a1b1; contoh papan perusahaan A (a1) dikombinasikan dengan contoh papan perusahaan B (b1). Apakah mustahil atau tidak pengkombinasian tersebut?

Contoh (b): Percobaan ingin mengetahui sifat kayu dengan melakukan pengujian pada bagian pangkal, tengah dan ujung batang. Batang kayu yang akan diuji dari jenis M dan jenis K. kedua jenis dikombinasikan sehingga diperoleh kombinasi bagian batang (berupa sample) adalah m1k1, m1k2, m1k3, m2k1, m2k2, m2k3, m3k1, m3k2 dan m3k3. Pertanyaannya mungkinkah kombinasi tersebut jadi demikian?. Juga merupakan pengkombinasian yang mustahil.

2. Interaksi
Penjelasan interaksi tentunya kebalikan dari kombinasi yang mustahil.
Katakan saja pewarna kue (bubuk) dengan 3 ukuran dimasukan ke dalam gelas berisi air dengan 2 ukuran. Hasil pencampurannya diperoleh (3 x 2) = 6 campuran/kombinasi, yaitu a1b1, a1b2, a2b1, a2b2, a3b1, a3b2 (diperlukan 6 buah gelas). Bagaimana hasil campuran yang dapat dilihat dalam keenam gelas ?. Apakah dapat dibedakan antara bubuk pewarna kue dengan air ?. Jika TIDAK, berarti maka pencampuran (kombinasi) yang dilakukan berinteraksi.

Kesimpulannya:
a. Tidak selalu 2 komponen (perlakuan) atau lebih yang dikombinasikan dapat berinteraksi.
b. Perlakuan adalah suatu tindakan yang diberikan terhadap sesuatu yang dicobakan, Jadi perlakuan itu sendiri belum mempunyai data dan bukan suatu prodak. Perhatikan Contoh (a).

Tentang a2karim99

Member MNI (mantan pengajar Fakultas Kehutanan UnLaM, Kalimantan Selatan, Indonesia sejak 1 Juli 2011)
Pos ini dipublikasikan di Interaksi, Kombinasi dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s